Senin, 17 November 2014

Mencuci wajah dua kali sehari

Anda pasti sudah tahu kalau tidur dengan wajah penuh polesan riasan akan berdampak sangat buruk bagi kecantikan. Membersihkan wajah bisa melindungi kulit Anda secara alami dari bahan kimia yang terkandung dalam produk kosmetik, sekaligus menghapus minyak serta polutan penyumbat pori-pori penyebab jerawat, wajah kusam, dan tanda-tanda penuaan.
Banyak cara dianjurkan oleh para pakar kecantikan untuk menghindari hal-hal tersebut di atas, salah satunya dengan pembersihan ganda. Yakni mencuci wajah dua kali sehari. Mengapa dua kali, kenapa tidak tiga atau empat kali?
“Norma kecantikan wanita Asia seperti Jepang dan Korea terus berkembang hingga saat ini. Wanita di sana terobsesi memiliki kulit indah paling sempurna sehingga sejak dulu ritual pembersihan wajah selalu menjadi tradisi. Secara medis, membersihkan kulit sebanyak dua kali sehari mampu menjaga mineral alami wajah tetap stabil, tidak berlebihan maupun kekurangan,” ungkap Charlotte Cho, ahli kecantikan di Korea dan pendiri situs e-commerce Soko Glam.
Cho yang juga mengajar di akademi bergengsi Dermalogica juga mengatakan bahwa teknik pembersihan serta penggunaan produk yang tepat secara siginifikan akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah.
Pembersihan ganda tradisional sendiri berarti diawali dengan membasuh wajah menggunakan sabun berbasis pembersih minyak. Sebelum menggunakan sabun, jika Anda habis mengaplikasikan riasan, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan makeup remover jenis susu pembersih.
Produk berbasis pembersih minyak akan menarik sebum dengan halus dan efektif. Disarankan menghindari sabun pembersih wajah mengandung surfaktan yang keras lalu memicu iritasi serta peningkatan produksi dehidrasi minyak alami wajah.
Selanjutnya adalah menghapus semua sisa kotoran yang menyerap dan masih menempel pada wajah, seperti keringat, kotoran, sel kulit mati menggunakan sabun pembersih wajah berbasis air. Jenis sabun ini memiliki kelebihan menembus lapisan terdalam serta pori-pori wajah dibanding sabun pembersih berbasis minyak.
Cho pun menjelaskan sejumlah langkah mudah membersihkan wajah menggunakan produk kecantikan.
Pertama, pijat secara lembut kulit wajah dengan pembersih minyak, namun perhatikan gerakan memutar ke atas yang berlawanan dengan arah gravitasi untuk menghindari kerutan. Kedua, bilas menggunakan air hangat secukupnya, tambahkan sedikit butiran scrub halus dan bersihkan kembali wajah secara lembut.
Ketiga, basuh wajah menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka akibat proses scrubbing . Tambahkan pembersih jenis foam atau krim ekstrak lidah buaya atau bahan alami lainnya untuk kembali melembutkan bagian permukaan wajah. Keringkan wajah menggunakan handuk secara lembut, dan tambahkan pelembap secukupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar