Kamis, 09 Oktober 2014

Cara Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Hidup sehat adalah dambaan setiap insan manusia, tapi bagaimana bisa hidup sehat tapi tidak mau menjalani pola hidup yang sehat? tentu saja impian memiliki tubuh yang sehat tidak akan tercapai. Bagaimana mewujudkannya?

Untuk memiliki tubuh yang sehat ada banyak cara yang bisa anda jalani, namun memang tidak mudah untuk mengubah pola hidup yang tidak teratur menjadi pola hidup yang sehat. Akan ada banyak kendala yang harus anda hadapi, biasanya kendala terbesar adalah rasa malas dan seringnya menyepelekan pentingnya kesehatan.

Maka dari itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri anda, jika sudah ada niat maka selanjutnya hal yang harus dimiliki oleh diri adalah kemauan, dengan begitu akan tercipta kemampuan dalam menjalani pola hidup sehat yang anda inginkan. Untuk itu kami telah merangkum beberapa tips cara hidup sehat untuk anda.
cara hidup sehat5 Tips Cara Hidup Sehat yang Perlu Anda Ketahui

1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah faktor utama yang menunjang kesehatan, jika kurang memperhatikan kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan maka akan sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh anda. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan.

Sangat wajib hukumnya mencuci tangan sebelum makan, agar kuman yang menempel di tangan tidak menempel di makanan. Membersihkan seluruh isi rumah juga sangat penting karena bukan kesehatan anda saja yang harus dijaga, kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus dijaga.

Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka ada potensi anda dan anggota keluarga yang lainnya ikut tertular, ini sangat merepotkan karena jika sudah sakit pasti akan menghambat segala aktifitas yang ingin dikerjakan. Masih banyak lagi yang anda bisa lakukan untuk menjaga kebersihan.

2. Perbanyak Gerakan Tubuh

Olahraga mungkin salah satu cara yang sering digunakan oleh orang-orang untuk membuat hidupnya jauh lebih sehat. Entah itu lari pagi bersama teman-teman, bermain bola basket/futsal/volley, fitness, dll. Semua itu adalah langkah yang sangat baik dan harus dilakukan jika ingin memiliki hidup yang sehat.

Namun tak hanya olahraga seperti itu saja yang harus anda lakukan, semua hal yang membuat anda banyak bergerak tentu akan menyehatkan. Misalnya menyelesaikan pekerjaan rumah, atau bermain game yang membuat banyak keringat keluar dari tubuh anda. Intinya anda tidak boleh malas untuk bergerak!

Mengapa demikian? karena banyak penyakit yang bisa timbul nantinya bila anda malas bergerak, contohnya serangan jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis, kanker payudara dan masih banyak lagi. Tentunya anda tak menginginkan hal tersebut bukan?

3. Jagalah Pola Makan

Anda pasti sering mendengar istilah “you are what you eat!”, yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Apa maksud dari istilah tersebut? Coba kita perhatikan istilah “GIGO” dalam dunia IT dari sisi positif yakni “Gold In Gold Out” atau dari sisi negatifnya “Gerbage In Gerbage Out”. Jika yang di input adalah emas maka yang keluar adalah emas, tapi jika yang di input adalah sampah maka yang keluar adalah sampah pula.

Begitu pula dengan tubuh anda, jika tubuh anda mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak bergizi maka akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan. Sedangkan jika anda mengkonsumsi makanan / minuman yang menyehatkan maka akan berdampak baik untuk tubuh. Jika anda ingin sehat penuhilah syarat 4 sehat 5 sempurna!

Kurangilah konsumsi anda terhadap junk food, minuman bersoda, makanan berkolestrol tinggi, minuman beralkohol, makanan/minuman berpengawet, dan berbagai jenis makanan/minuman lainnya yang berdampak negatif untuk tubuh. Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan anda.

Jangan makan secara berlebihan karena walaupun apa yang anda makan adalah makanan yang bergizi tapi jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.

4. Perhatikan Waktu Tidur

Untuk anda yang sangat sibuk menjalani aktifitas sehari-hari mungkin terkadang lupa untuk menghargai waktu istirahat. Pola tidur anda berantakan, tidur larut malam kemudian bangun di pagi hari. Padahal kurangnya istirahat dapat mengganggu konsentrasi.

Jika sudah begitu usahakan untuk mencuri-curi waktu luang di siang hari, waktu yang tepat mungkin pada saat jam istirahat. Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh anda sekitar 20 menit, karena dengan tidur sejenak pikiran akan kembali jernih dan anda akan memiliki konsentrasi yang baik.

Tapi usahakan anda bisa mengatur pola tidur anda sebaik-baiknya, anda harus bisa mengatur jadwal kegiatan anda serapi mungkin dengan membuat segmentasi yang berisi kegiatan apa saja yang harus anda kerjakan terlebih dahulu (penting), sampai dengan kegiatan apa yang bisa dikerjakan di lain waktu. Dengan begitu anda bisa tidur lebih cepat karena sudah memperhitungkan segalanya.

5. Bila Ingin Buang Air Jangan Ditahan

Seperti yang kita ketahui bahwa urin dan feses mempunyai fungsi yang besar yaitu membuang racun dari dalam tubuh. Banyak dari kita yang seringkali menahan buang air kecil/besar dikarenakan beberapa sebab, entah karena tidak nyaman dengan toiletnya atau mungkin karena malas. Namun perlu anda ketahui jika hal tersebut sudah mulai menjadi kebiasaan bagi anda, hentikanlah!

Terdapat beberapa akibat yang bisa terjadi karena terlalu lama menahan buang air kecil yaitu infeksi kandung kemih, infeksi ginjal atau yang lebih parah lagi gagal ginjal. Sedangkan jika anda sering menahan buang air besar maka akan memicu kanker usus. mengerikan? iya! maka dari itu mulailah dari sekarang untuk tidak menahan buang air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar