Minggu, 12 Oktober 2014

Makanan Sebelum Dan Sesudah Olahraga

Tidak perlu makan sebelum latihan, adalah benar-benar sebuah mitos. Ahli diet merekomendasikan untuk makan snack sehat sebelum latihan karena berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh dan memaksimalkan upaya dan hasil Anda. Makan sebelum latihan juga membantu mencegah gula darah rendah, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Anda dapat memilih dari daftar makanan yang diberikan di bawah ini dan makan setidaknya 30-45 menit sebelum berolahraga.

Makanan sebelum latihan

1. PISANG

Pisang kaya akan karbohidrat yang mudah dicerna, yang menyediakan energi yang cukup untuk latihan. Pisang juga mempunyai jumlah kalium yang tinggi yang membantu mempertahankan saraf dan fungsi otot. Tubuh tidak menyimpan kalium dalam waktu yang lama, jadi Anda bisa mengkonsumsi 1-2 pisang dengan secangkir yogurt, setengah jam sebelum latihan untuk menjaga kadar potasium Anda tetap tinggi. Anda juga dapat mengkonsumsi milkshake pisang, yang akan memberikan tubuh Anda jumlah karbohidrat dan protein yang cukup.

2. ROTI GANDUM & TELUR

Sepotong roti gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik sebelum Anda berlatih. Anda dapat melengkapinya dengan madu dan selai/selai kacang untuk mendapatkan bahan bakar lebih banyak atau nikmatilah dengan 1-2 telur rebus sebagai sumber protein berkualitas tinggi. Jika Anda berlatih di gym pada pertengahan pagi hari, ini dapat menjadi kombinasi yang ideal, karena mengandung 30-40 gram karbohidrat dan 15-20 gram protein.

3. GANDUM/OATS

Oats merupakan sumber serat. Oats secara bertahap melepaskan karbohidrat ke dalam aliran darah Anda yang membuat tingkat energi Anda konsisten selama latihan. Oats juga mengandung vitamin B, yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Jadi Anda dapat menikmati oatmeal dengan susu, 30 menit sebelum berolahraga.

Yang harus dihindari

nda sebaiknya tidak makan berat, seperti yang terdiri dari roti panggang dengan keju, mentega, dan makanan berlemak sebelum berolahraga. Lemak meninggalkan lambung dengan lambat, membuat Anda merasa kenyang dan bergerak lebih lamban selama latihan. Makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, lesu, mual, dan muntah.

Makanan sesudah latihan

1. MUESLI, SUSU, & YOGURT

Sereal gandum seperti muesli sarat akan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral penting lainnya, sehingga dapat menjadi makanan sesudah latihan yang ideal, terutama bagi vegetarian, ketika dikombinasikan dengan susu yang merupakan sumber kasein dan whey protein yang mudah dicerna.

2. TELUR & JUS JERUK

Bagi non-vegetarian, telur adalah sumber protein yang terbaik. Kuning maupun putih telur mengandung protein. Bersama dengan telur, segelas jus jeruk menyediakan banyak karbohidrat dan vitamin C.

3. SALAD BUAH

Pilihan lain yang sehat adalah salad buah dengan berbagai buah-buahan musiman untuk menyediakan karbohidrat, vitamin, mineral, dan enzim untuk tubuh. Enzim membantu tubuh memecah nutrisi sehingga mereka dapat dikirim ke otot-otot lelah Anda dan mengisi mereka. Nanas juga dikenal mempunyai sifat anti-inflamasi untuk membantu memulihkan otot-otot Anda. Kiwi membantu pencernaan dan memecah asam amino. Semua buah-buahan mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Makanan-makanan di atas, baik makanan sebelum maupun sesudah latihan, ukuran porsinya harus disesuaikan terlebih dahulu menurut jenis kelamin, umur, level latihan, tujuan latihan, dan tipe tubuh.

Pada awalnya menghitung jumlah kalori memang “menakutkan”, tapi ketika Anda sudah memahaminya, maka Anda akan secara otomatis mulai menghitung jumlah kalori.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar